Minggu, 15 April 2012

Stadion Gelora Bung Tomo

Seri lanjutan dari Stadion keren di Indonesia kali ini adalah Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya yang terletak di dalam kompleks Surabaya Sport Center (SSC). Stadion ini baru saja di resmikan kemarin tanggal 6 Agustus 2010 dan merupakan salah satu stadion terbesar Indonesia yang memiliki kapasitas kurang lebih 55.000 tempat duduk.
Stadion yang mulai dikerjakan tahun 2008 ini akan menjadi homebase masa depan dari Persebaya Surabaya. Total Total nilai proyek SSC ini mencapai Rp 440 miliar, Dana itu terbagi atas Rp 293 miliar untuk Stadion Gelora Bung Tomo, Rp 63 miliar untuk stadion indoor , dan Rp 3 miliar untuk masjid. Selebihnya, digunakan untuk melakukan pengurukan lahan.
Rumput stadion sendiri di impor dari Swedia dan Belanda sedangkan sistem drainase sesuai dengan standar Internasional. Dalam kondisi hujan deras pun lapangan tidak tergenang karena sistem penyerapannya cukup bagus dengan daya resap tinggi. Kabarnya sistem ini dibuat sampai tujuh lapisan di bawah rumput. Yang paling bawah adalah geo tekstil, kemudian ditumpuk kerikil dan saluran pipa berlubang, pasir kasar, pasir halus, serta rumput hasil pembibitan di Swedia.
Fasilitis stadion merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Memiliki 21 pintu masuk untuk mempermudah dan mempercepat arus kluar masuk penonton. Kursi penonton terbuat dari fiber pada tribun VIP dan beton untuk tribun biasa. Penerangan di GBT tidak kalah dengan Gelora Bung Karno yang memiliki lampu yang berkekuatan 1200 lux sebanyak 42 lampu dan dilengkapi dengan Scoring Board besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar